Wisata Alam Danau Toba di Sumatera Utara

Tidak ada komentar 84 views

Danau Toba yang Mempesona

Danau Toba merupakan salah satu Danau yg ternama di Indonesia. Danau Toba terletak di propinsi Sumatera Utara. Yg menciptakan danau ini gemilang yaitu di tengah-tengah hamparan air danau yg jernih terdapat suatu pulau dgn luas yg nyaris sama besarnya dengan negara Singapura. Pulau tersebut bernama Pulau Samosir.

Ditengah Pulau Samosir ini nyata-nyatanya masihlah terdapat dua buah danau indah, adalah Danau Sidihoni & Danau Aek Natonang. Danau Toba dinobatkan yang merupakan danau terluas di Asia Tenggara, & yaitu danau paling besar ke-2 sesudah Danau Victoria di Afrika.

wisata alam danau toba

Sejarah Danau Toba

Diperkirakan Danau Toba terbentuk disaat ledakan seputar 73.000-75.000 th yg dulu & yakni letusan supervolcano (gunung berapi nomor wahid) yg paling baru. Bill Rose & Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa jumlah keseluruhan material terhadap letusan lebih kurang 2.800 km3 -sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yg mengalir di atas tanah, & kurang lebih 800 km3 yg jatuh juga sebagai abu terutama ke barat. Falsafah piroklastik dari letusan menghancurkan tempat seluas 20.000 km2, dgn deposito abu setebal 600 m dgn kawah mutlak.

Kejadian ini menyebabkan kematian massal & kepunahan kepada sekian banyak spesies makhluk hidup. Menurut sekian banyak kebenaran DNA, letusan ini pula menyusutkan jumlah manusia hingga seputar 60% dari jumlah komune manusia bumi waktu itu, ialah kurang lebih 60 juta manusia. Letusan itu pula ikut menyebabkan terjadinya era es, meski para ahli masihlah memperdebatkannya. Sesudah letusan tersebut, terbentuk kaldera yg selanjutnya terisi oleh air & jadi yg kini dikenal yang merupakan Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yg belum ke luar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Tim peneliti multidisiplin internasional, yg dipimpin oleh Dr. Michael Petraglia, mengungkapkan dalam sebuah konferensi pers di Oxford, Amerika Serikat bahwa sudah ditemukan web arkeologi baru yg lumayan spektakuler oleh para ahli geologi di selatan & utara India. Di web itu terungkap dengan cara apa orang berkukuh hidup, sebelum & setelah letusan gunung berapi (supervolcano) Toba terhadap 74.000 th yg dulu, & fakta mengenai adanya kehidupan di bawah timbunan abu Gunung Toba. Padahal sumber letusan berjarak 3.000 mil, dari sebaran abunya.

Tatkala tujuh thn, para ahli dari kampus Oxford tersebut meneliti proyek ekosistem di India, buat mencari kebenaran adanya kehidupan & peralatan hidup yg mereka tinggalkan di padang yg tidak memiliki rambut. Daerah dgn luas ribuan hektare ini nyatanya cuma sabana (padang rumput). Sementara tulang belulang hewan berserakan. Tim menyimpulkan, daerah yg lumayan luas ini nyatanya ditutupi debu dari letusan gunung berapi purba.

Penyebaran debu gunung berapi itu teramat luas, ditemukan nyaris di semua dunia. Berasal dari satu buah erupsi supervolcano purba, yakni Gunung Toba. Dugaan mengarah ke Gunung Toba, dikarenakan ditemukan kebenaran wujud molekul debu vulkanik yg sama di 2100 titik. Sejak kaldera kawah yg waktu ini menjadi danau Toba di Indonesia, sampai 3000 mil, dari sumber letusan. Bahkan yg pass mengejutkan, nyatanya penyebaran debu itu hingga terekam sampai Kutub Utara. Perihal ini mengingatkan para ahli, betapa dahsyatnya letusan nomor satu gunung berapi Toba dikala itu.

Selamat berwisata ke Danau Toba 🙂